Rabu, 16 November 2016

WORKSHOP ; Bimbingan Penyusunan Skripsi


Skripsi merupakan karya tulis ilmiah yang menjadi salah satu hasil proses pengembangan intelektual mahasiswa secara mandiri dan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan di bawah bimbingan dosen. Penulisan skripsi merupakan salah satu syarat untuk menyelesaikan pendidikan pada program sarjana (S1). Penulisan skripsi harus memenuhi syarat-syarat penulisan ilmiah, yaitu obyektif, metodologis, sistematis dan komunikatif.
Materi penulisan skripsi dapat berasal dari penelitian lapangan dan atau penelitian kepustakaan yang merupakan telaah terhadap salah satu topik permasalahan. Skripsi tersebut diharapkan dapat mengemukakan suatu temuan baru.
Kemampuan menyusun skripsi sangat penting untuk menggambarkan secara keseluruhan proses penelitian yang telah dilaksanakan oleh seorang mahasiswa. Secara umum terdapat aturan-aturan, baik yang bersifat metodologis maupun teknis dalam menyusun skripsi. Aturan-aturan itu pada umumnya bersifat universal, meskipun untuk hal-hal tertentu yang bersifat teknis ada yang harus disesuaikan dengan kebutuhan perguruan tinggi tertentu.
Peraturan Pemerintah Nomor 14 Tahun 2014 mengamanatkan bahwa misi utama Pendidikan Tinggi adalah mencari, menemukan, menyebarluaskan, dan menjunjung tinggi kebenaran. Misi tersebut dijalankan dengan melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian. Civitas akademika dalam hal ini dosen dan mahasiswa wajib melaksanakan ketiga tugas utama tersebut.
Sebagai bentuk pelaksanaan dharma penelitian bagi mahasiswa dalam kurikulum diharuskan bagi mahasiswa S1 untuk menyusun tugas akhir berupa skripsi yang memiliki bobot 6 SKS. Penyusunan skripsi dilakukan mahasiswa dengan bimbingan dua orang dosen. Setelah skripsi selesai disusun, mahasiswa diwajibkan mempertanggungjawabkan skripsinya dalam sidang munaqosah.
Program Studi Tadris Matematika FITK IAIN Mataram sebagai penyelenggara pendidikan di tingkat program studi memfasilitasi mahasiswa dalam penyusunan skripsi mulai dari pengajuan judul hingga pelaksanaan sidang munaqosah. Terdapat beberapa kendala yang seringkali ditemukan pada mahasiswa baik masalah yang bersifat metodologis, teknis maupun prosedural di antaranya: (1) mahasiswa banyak yang masih bingung dalam menentukan masalah yang diangkat dalam skripsi; (2) judul yang diajukan banyak pengulangan dengan tema-tema yang sudah ada sebelumnya sehingga kemungkinan plagiasi masih ada; (3) mahasiswa masih bingung menentukan metode penelitian yang akan digunakan; (4) kesulitan mahasiswa dalam menyusun instrumen penelitian guna mendapatkan data yang dibutuhkan; (5) kendala teknis seperti kesalahan dalam tata bahasa Indonesia dalam karya ilmiah yang sesuai dengan EYD serta berbagai kendala lainnya.

Mahasiswa semester VII yang akan menyusun skripsi membutuhkan pemahaman yang komprehensif tentang metode penulisan skripsi yang sesuai dengan ketentuan. Oleh karena itu, Program Studi Tadris Matematika FITK IAIN Mataram menyelenggarakan Workshop Penyusunan Skripsi. Kegiatan ini bertujuan untuk menguatkan kapasitas mahasiswa dalam menyusun skripsi dengan baik, membekali mahasiswa dengan materi-materi tentang teknik penulisan skripsi yang sistematis dan komprehensif, serta memfasilitasi mahasiswa untuk melaksanakan self assessment terhadap naskah proposal yang telah disusun sebelumnya, sehingga mahasiswa mampu menilai kesalahan-kesalahan yang terdapat pada proposalnya berdasarkan pemahaman yang diperoleh dari materi workshop.
Adapun Narasumber dan pemateri dalam kegiatan ini dapat dilihat pada tabel berikut.
No
Nama Narasumber
Materi
1
2
3

4
5
6

7

8
Dr. Hj. Nurul Yakin, M.Pd.
Moh. Abdun Nasir, Ph.D.
Dr. Miftahul Huda, M.Ag.

Dr. H. Lalu Muchsin Effendi, M.A.
M. Habib Husnial Pardi, M.A.
Kristayulita, M.Si.

Dr. Hj. Lubna, M.Pd.

Titik Agustina, M.Pd.
Jenis-Jenis Penelitian
Bab 1 : Pendahuluan
Implementasi Konsep Integrasi Sains dalam Penelitian
Bab II : Kajian Teori
Bab III : Metodologi Penelitian
Bab IV : Pembuatan Kisi-Kisi dan Instrumen Penelitian
Analisis data Kualitatif dan Kuantitatif
Tata Bahasa, kesimpulan, dan Saran

Kegiatan workshop penyusunan skripsi tahun akademik 2015/2016 dimulai pada hari Rabu, 6 Januari 2016. Kegiatan awal yang dilakukan adalah registrasi peserta kegiatan pada pukul 07.00 – 08.00 WITA.
Pada pukul 08.00 – 08.45 WITA dilaksanakan pembukaan kegiatan oleh Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) yang dihadiri oleh Ketua Program Studi Tadris Matematika, Sekretaris Program Studi Tadris Matematika, Panitia Kegiatan dan Dosen Program Studi Tadris Matematika Tadris Matematika. Dalam sambutannya, Dekan FITK menyambut baik dan mendukung sepenuhnya kegiatan workshop yang merupakan kegiatan tahunan dengan tema kegiatan yang baru pertama kalinya dilakukan di IAIN Mataram. Kegiatan workshop ini dinilai penting karena dapat membekali sekaligus memberikan gambaran serta ide-ide kepada mahasiswa dalam melakukan penelitian.

Setelah pembukaan workshop selesai dilaksanakan, maka dilanjutkan dengan pemaparan materi 1, yaitu Jenis-Jenis Penelitian. Narasumber materi pertama ini adalah Dr. Hj. Nurul yakin, M.Pd. (Dekan FITK) dengan Moderator Sofyan Mahfudy, M.Pd. (Dosen Program Studi Tadris Matematika). Pada pelaksanaan sesi materi pertama ini, antusiasme peserta cukup baik. Pada bagian kerja kelompok sebagai tagihan kegiatan, mereka cukup aktif terlibat dalam kegiatan. Peserta diminta untuk membuat judul penelitian, kerangka metode penelitian, instrumen dan validasi instrumen secara berkelompok yang kemudian dipresentasikan. Peserta yang tidak melakukan presentasi diminta mengkritisi pemaparan temannya. Sesi materi pertama berakhir pada pukul 10.30 WITA.
Kegiatan selanjutnya adalah coffee break, yang diisi dengan pembagian snack dan pemutaran musik selama 15 menit. Setelah itu, dilanjutkan pemaparan materi ke-2, yaitu : Bab 1 (pendahuluan). Narasumber pada materi ini adalah Dr. Abdun Nasir, Ph.D. (Dosen Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam serta Ketua Penyunting Jurnal ‘Ulumuna IAIN Mataram) dengan moderator adalah Any Tsalasatul Fitriyah, M.Si. (Dosen Program Studi Tadris Matematika).
Sesi materi kedua berjalan dengan tertib. Peserta kegiatan begitu khidmat menyimak pemaparan materi. Pada bagian praktik secara individual, peserta terlihat serius mengerjakan tugas yang diberikan, yang juga menjadi tagihan kegiatan workshop. Selama berlangsungnya pemaparan materi ini, banyak pertanyaan dari peserta yang diajukan, yaitu:
1.      Apakah perlu menunjukkan kesimpulan tentang penelitian serupa yang pernah dilakukan orang lain pada latar belakang?
2.      Apakah dasar pemilihan judul juga perlu disebutkan dalam BAB 1?
Sesi materi ke-2 berakhir pada pukul 12.45 WITA.
Kegiatan selanjutnya adalah shoima (sholat, istirahat dan makan). Panitia mengalokasikan sesi istirahat ini selama 45 menit. Namun pada pelaksanaanya, sesi istirahat berlangsung selama 1 jam 15 menit, dikarenakan kesediaan air yang tidak mencukupi seluruh peserta, sehingga beberapa peserta ada yang melakukan aktivitas sholat di mushola kampus, bahkan di kos dekat kampus.
Setelah waktu istirahat selesai, dilaksanakan pemaparan materi berikutnya yaitu : Implementasi Konsep Integrasi Sains dalam Penelitian oleh Dr. Miftahul Huda, M.Ag. (Dosen Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam) dengan moderator Kamirsyah Wahyu, M.Pd. ( Dosen Program Studi Tadris Matematika). Kegiatan ini dimulai pada pukul 14.50 WITA atau lebih lama 20 menit dari jadwal sebenarnya. Peserta cukup tertarik, karena pada materi ini disajikan contoh implementasi konsep integrasi sains. Hal ini setidaknya terlihat dari banyaknya pertanyaan yang muncul ketika sesi tanya jawab, antara lain:
1.      Bagaimana cara menerapkan konsep integrasi sains, padahal tidak semua materi matematika mudah dicari penerapannya?
2.      Metode penelitian apa yang paling tepat untuk mengkaji penelitian yang merupakan ranah integrasi sains?
3.      Apa contoh yang paling dekat yang dapat dijadikan penelitian yang memadukan antara konsep matematika dengan Islam? Bagaimana langkah-langkahnya?
Sesi materi ketiga ini berakhir pada pukul15.30 WITA, dan langsung dilanjutkan dengan materi keempat.
Keterlambatan dimulainya materi ketiga tadi, berdampak pada materi keempat. Panitia akhirnya mengubah skenario alokasi waktu pelaksanaan materi ketiga dan keempat. Seharusnya materi ketiga berlangsung pada jam 13.30 – 15.00 WITA, tetapi realisasinya dilaksanakan pada pukul 13.50 – 15.30 WITA. Sedangkan materi keempat seharusnya berlangsung pukul 15.15 – 16.45, akhirnya dilaksanakan pada pukul 15.30 – 17.00 WITA. Hal berarti alokasi waktu selama 15 menit untuk sesi coffee break (istirahat sejenak) digabungkan ke dalam materi keempat.
Materi keempat tentang Bab II (Kajian Teori) dipaparkan oleh Dr. H. Lalu Muchsin Effendi, M.A. (Dosen Program Studi Tadris Matematika) dengan moderator Mulhamah, M.Pd. (Dosen Program Studi Tadris Matematika). Kegiatan pada materi ini berjalan cukup atraktif. Narasumber mengawali materi dengan game untuk memberikan penyegaran kepada peserta yang telah mengikuti workshop sejak pagi hari. Peserta terlihat antusias selama mengikuti sesi materi terakhir pada hari pertama ini. Hal ini setidaknya dari beberapa pertanyaan yang disampaikan para peserta. Pertanyaan-pertanyaan itu adalah:
1.      Bagaimana cara mensinkronkan antara 2 (dua) buah teori yang berbeda?
2.      Apakah ada syarat jumlah minimal daftar rujukan pada sebuah penelitian?
Sesi materi keempat ini berakhir pada pukul 17.00 WITA.
Sebelum kegiatan workshop hari pertama ditutup, panitia mengingatkan kembali kepada peserta workshop, yaitu:
1.      Peserta dimohon hadir tepat waktu
2.      Peserta dimohon menandatangani lembar presensi setiap sesi materi
3.      Peserta dimohon membuang sampah pada tempat yang telah disediakan panitia
Kegiatan workshop hari kedua diawali dengan registrasi peserta pada pukul 07.00 – 08.00 WITA. Materi pertama pada hari kedua adalah Bab III (metodologi penelitian) yang dipaparkan oleh M. Habib Husnial Pardi (Dosen Program Studi Tadris Matematika) dengan moderator Susilahuddin Putrawangsa, M.Sc. (Dosen Program Studi Tadris Matematika). Penyampaian materi Bab III ini lebih lama 15 menit dari jadwal sebelumnya, dikarenakan narasumber terlambat hadir. Oleh karena itu, untuk mengisi kekosongan waktu, panitia menyampaikan sosialisasi tentang pengisian lembar Instrumen Self Asessment dan angket evaluasi pelaksanaan workshop.
Pelaksanaan pemberian materi metodologi penelitian berjalan interaktif. Peserta antusias karena narasumber juga memberikan motivasi yang merupakan usulan-usulan atas kebijakan ke depan terkait pelaksanaan workshop dan juga fasilitas-fasilitas akademik bagi peserta workshop. Antusiasme peserta juga terlihat pada sesi tanya jawab, yang antara lain menanyakan tentang:
1.      Kapan suatu penelitian dianggap telah cukup/ selesai??
2.      Bagaimana cara memilih sampel yang baik, yang dapat merepresentasikan jumlah populasi yang ada?
3.      Apa yang dimaksud dengan informan dalam penelitian kualitatif?
Sesi pemaparan materi bab III ini berakhir pada pukul 10.00 WITA.
Acara selanjutnya adalah coffee break (istirahat sejenak) selama 15 menit yang diisi dengan pemberian snack dan pemutaran musik. Setelah itu, dilangsungkan pemberian materi kedua di hari kedua yaitu pembuatan kisi-kisi dan instrumen penelitian. Materi ini dipaparkan oleh Kristayulita, M.Si. (Dosen Program Studi Tadris Matematika yang juga sedang menempuh Program Doktor Bidang Pendidikan Matematika di Universitas Negeri Malang) dengan moderator Yandika Nugraha, M.Pd. (Dosen Program Studi Tadris Matematika).
Sesi pemberian materi diawali dengan game yang bertujuan untuk memberikan penyegaran kepada peserta kegiatan. Peserta cukup antusias dalam menggali pengetahuan. Beberapa pertanyaan yang diajukan oleh peserta yaitu:
1.      Bagaimana cara menyusun instrumen yang baik?
2.      Bagaimana mengetahui bahwa jawaban siswa yang diteliti tidak bohong?
3.      Apakah semua instrumen yang digunakan dalam penelitian harus divalidasi? Jika iya, siapa yang berhak memberikan validasi itu?
Pemberian materi pembuatan kisi-kisi dan instrumen berakhir pada pukul 12.15 WITA yang kemudian dilanjutkan dengan shoima (sholat, istirahat dan makan). Untuk mengantisipasi kegiatan shoima pada hari sebelumnya, maka panitia kembali menghimbau agar peserta melakukan aktivitas sholat, istirahat dan makan di tempat yang telah disediakan panitia atau di mushola kampus.
Pada pukul 13.00 WITA, untuk menunggu kedatangan seluruh peserta, panitia, HMJ dan peserta yang telah hadir melakukan “senam otak” dan “senam pinguin” bersama-sama. Selain dilakukan sebagai bentuk penyegaran kegiatan, kegiatan ini dilakukan untuk menunggu kedatangan seluruh peserta karena hingga jadwal pemberian materi selanjutnya, masih sekitar 70% peserta yang hadir di tempat kegiatan. Setelah mencapai sekitar 90% kehadiran peserta, pada pukul 13.20 WITA, akhirnya materi tentang analisis data kualitatif dan kuantitatif  dimulai. Materi ini disampaikan oleh Dr. Hj. Lubna, M.Pd. (Dosen Program Studi Pendidikan IPS) dengan moderator Mauliddin, M.Si. (Dosen Program Studi Tadris Matematika).
Pemberian materi ini berjalan dengan baik. Antusiasme peserta dapat dilihat dari banyaknya pertanyaan yang muncul, antara lain:
1.      Bagaimana membedakan penelitian kualitatif dan kuantitatif
2.      Apakah setiap penelitian kuantitatif harus melalui uji normalitas?
3.      Bagaimana cara memilih alat uji yang baik pada penelitian kualitatif?
Pemberian materi berakhir pada pukul 15.15 WITA yang dilanjutkan dengan pemberian materi terakhir workshop, yaitu Tata Bahasa, Kesimpulan dan Saran.
Materi tentang Tata Bahasa, Kesimpulan dan Saran ini disajikan oleh Titik Agustina, M.Pd. (Dosen Program Studi Tadris Matematika) dengan moderator Habibi Ratu Perwira Negara, M.Pd. (Dosen Program Studi Tadris Matematika). Materi ini berlangsung pada pukul 15.15 – 16.45 WITA. Peserta antusias selama pemberian materi dan pada sesi dialog, terlihat banyak peserta yang mengajukan pertanyaan, bahkan ada beberapa peserta yang tidak dapat bertanya dikarenakan keterbatasan waktu pemaparan. 
Setelah pemaparan materi terakhir workshop berakhir, pada pukul 16.50 – 17.30 WITA dilakukan penutupan kegiatan workshop oleh Ketua Program Studi Tadris Matematika yang dihadiri oleh seluruh panitia. Dalam kesempatan ini, panitia menyampaikan terima kasih atas partisipasi seluruh peserta dan permohonan maaf atas segala bentuk ketidaknyamanan yang mungkin dirasakan peserta. Dalam sambutannya, Ketua Program Studi Tadris Matematika menyampaikan pentingnya kegiatan workshop sebagai bekal untuk melakukan penelitian yang akhirnya akan disusun secara sistematis dalam bentuk skripsi.  Pada bagian akhir acara penutupan, panitia mengumumkan kelas dengan prosentase partisipasi peserta terbanyak, yaitu Kelas VII-A dan dialnjutkan dengan kegiatan foto bersama tiap kelas dengan panitia workshop.

0 komentar:

Posting Komentar