PROFIL

Profil Program Studi Tadris Matematika

A.               Sejarah Singkat Berdirinya Program Studi Tadis Matematika
Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah IAIN Mataram berdiri pada tahun 2001 berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam Nomor: E/123/2001, dan bernaung di bawah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Mataram.
Program Studi ini dikelola oleh Ketua Prodi dan Sekretaris Prodi, didukung oleh unsur pelaksana akademik, administrasi akademik, laboratorium, perpustakaan dan unsur-unsur lainnya. Program ini dikelola oleh Penyelenggaraan jurusan mengacu kepada visi, misi, sasaran dan tujuan yang telah ditetapkan.
Sejak tahun 2005, Program Studi Tadris Matematika untuk pertama kalinya mencetak Sarjana Pendidikan Matematika di lingkungan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) (sebelumnya bernama Fakultas Tarbiyah) IAIN Mataram. Sampai tahun 2015 ini, Program Studi Tadris Matematika telah melahirkan ribuan sarjana. Mereka tersebar di berbagai instansi pemerintah dan swasta. Sebagian besar dari mereka aktif dalam dunia pendidikan Matemaika di tingkat dasar sampai pada pendidikan tinggi. Tidak sedikit dari mereka yang ekspansi ke bidang non pendidikan, seperti politik dan ekonomi.

B.                Visi Program Studi:
Terkemuka dalam menghasilkan tenaga pendidik dan kependidikan di bidang matematika berbasis keislaman, keilmuan, dan keindonesiaan.
.
C.               Misi Program Studi:
Berdasarkan visi, maka misi Program Studi Tadris Matematika adalah :
1.      Mengembangkan pendidikan, pengajaran dan penelitian dalam bidang Pendidikan Matematika secara profesional, kompetitif dan integratif.
2.      Meningkatkan kerjasama dengan berbagai pihak dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi terutama di bidang Pendidikan Matematika.
3.      Menegakkan nilai, etika profesional dan moral akademis untuk pengendalian mutu dan menjaga kewibawaan Pendidikan Matematika.

D.              Tujuan Program Studi Tadris Matematika
1.      Menghasilkan tenaga pendidik profesional di bidang pendidikan matematika di jenjang pendidikan dasar dan menengah yang mampu mengintegrasikan keislaman, keilmuan, kemanusiaan, dan keindonesiaan.
2.      Menghasilkan tenaga kependidikan profesional di jenjang pendidikan dasar dan menengah yang mampu mengintegrasikan keislaman, keilmuan, kemanusiaan, dan keindonesiaan.
3.      Menghasilkan praktisi pembelajaran matematika yang profesional dan mampu mengintegrasikan keislaman, keilmuan, kemanusiaan, dan keindonesiaan.
4.      Menghasilkan peneliti muda pendidikan matematika yang mendukung pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang mengintegrasikan keislaman, keilmuan, kemanusiaan, dan keindonesiaan.
5.      Menghasilkan pemberdaya masyarakat dalam bidang pendidikan untuk menjadikan masyarakat yang mandiri dalam mengembangkan berbagai potensi yang dimiliki.

E.               Kompetensi Utama
Kompetensi utama lulusan adalah menghasilkan tenaga pendidik (guru) pada bidang matematika yang dapat mengusai dan mengaplikasikan konsep dan prinsip didaktik-pedagogis matematika serta keilmuan matematika untuk merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi proses pembelajaran di satuan pendidikan dasar dan menengah dengan memanfaatkan IPTEKS yang beorientasi pada kecakapan hidup (life skill) dan menghadapi tantangan dan perubahan masa depan. Kompetensi pendukung lulusan dirumuskan dalam dua kompetensi, yaitu kompetensi sebagai peneliti dan kompetensi sebagai praktisi kependidikan, yang dijabarkan sebagai berikut:
1.      Menghasilkan lulusan yang mampu merancang dan melaksanakan penelitian serta melaporkan dan mempublikasikan hasilnya sehingga data digunakan sebagai alternatif penyelsaian masalah di bidang pendidikan Matematika.
2.      Menghasilkan lulusan yang mampu mengambil keputusan strategis di bidang pendidikan Matematika berdasarkan informasi dan data yang relevan dalam mengelola sumber daya pendidikan Matematika serta mengkomunikasikan hasil pengelolaannya secara bertanggung jawab kepada pemangku kepentingan.





F.                Profil Lulusan Program Studi Tadris Matematika
Lulusan Program studi Tadris Matematika dapat bekerja antara lain:
1.    Tenaga Pendidik di bidang pendidikan matematika di jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah,
2.          Tenaga Kependidikan di jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah,
3.           Praktisi Pembelajaran Matematika.
4.           Akademisi yang melanjutkan di jenjang pendidikan tinggi.
G.              Diskripsi Profil Lulusan Program Studi Tadris Matematika
1.    Tenaga pendidik berkarakter islami yang memiliki kualifikasi, kompetensi, dan dapat mengintegrasikan Islam pada pembelajaran matematika dalam pendidikan formal (jenjang pendidikan dasar dan menengah) dan informal.
2.         Tenaga kependidikan berkarakter islami yang memiliki kualifikasi dan kompetensi yang mendukung pembelajaran matematika dalam pendidikan formal di jenjang pendidikan dasar dan menengah.
3.   Tenaga praktisi berkarakter islami yang aktif berkontribusi dalam pengembangan pembelajaran matematika.
4.         Calon-calon ilmuan yang memiliki kesempatan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang Strata Dua (S2).
H.               Tradisi Kampus Program Studi Tadris Matematika
Sebagai gambaran umum tradisi yang perlu ditumbuhkembangkan dan dipelihara dalam  kehidupan praktis semua unsur Program Studi Tadris Matematika Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan ini adalah sebagai berikut:
1.         Tampilan Fisik Program Studi Tadris Matematika
Sebagai bagian dari Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Mataram, Program Studi Tadris Matametika diharapkan mampu mengimplementasikan ajaran Islam secara kaffah. Untuk itu maka Program Studi Tadris Matematika harus memberi kesan sebagai kampus yang secara fisik  nampak:
a.  Berwibawa, bersih, rapi, hijau dan indah serta menyampaikan pesan keilmuan Matematika dan nilai-nilai Islam.
b.    Dinamis dan modern serta kokoh secara moral yang kental dengan nilai-nilai religius dan nilai-nilai akademis.
c.     Warganya hidup dilandasi dengan nilai-nilai spiritual yang kokoh sehingga terwujud kehidupan yang religius, atmosfer keilmuan yang kuat, harmoni sosial yang indah, peduli terhadap lingkungan dan selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT.



2.         Tampilan Manajemen-Kelembagaan Program Studi Tadris Matematika
a.            Memiliki visi kelembangaan yang jelas.
b.            Memiliki tenaga  yang mumpuni dalam hal pemikiran, penelitian, pengabdian, dan berbagai aktivitas ilmiah lainnya             
c.     Memiliki kemampuan menciptakan atmosfir religius dan tradisi akademis yang mendorong lahirnya wibawa Program Studi.
d.        Memiliki manajemen terbuka (open management) yang professional yang mampu menggerakkan seluruh potensi untuk mengembangkan kreativitas civitas akademika.
e.            Memiliki kemampuan membangun relasi dan kemitraan strategis dengan berbagai pihak, termasuk Stake holder di dalam dan di luar kampus. 
f.          Memiliki kemampuan antisipatif yang jauh ke depan dan proaktif dalam menangkap setiap peluang.
g.         Memiliki kemampuan menyelesaikan persoalan-persoalan Kelembagaan secara tepat guna dan berhasil guna.
h.            Memiliki keterampilan memimpin yang mampu mengayomi dan mengakomodasi seluruh potensi yang tersedia maupun yang mungkin dijangkau.
3.         Tampilan administrasi Program Studi Tadris Matematika
a.            Memiliki kemampuan administrasi dalam pendidikan, penelitian, dan pengabdian
b.            Memikili kemampuan dokumentasi kegiatan dan semua komponen akademis  secara profesional.
c.            Memiliki kemampuan pelayanan akademis secara tepat dan cepat.
d.            Memiliki kemampuan mengelala dan menyebarkan informasi.
e.            Memiliki kemampuan mengelola kegiatan akademis,
f.             Memiliki kemampuan menyusun kegiatan dan laporan kegaiatan.
4.         Profil  Dosen Program Studi Tadris Matematika
a.             Berperilaku Qur’ani dan mampu menjunjung tinggi nilai-nilai ketakwaan kepada Allah Swt. di mana saja berada.
b.            Memiliki wawasan yang luas dan bijak serta profesionalisme yang tinggi dalam menghadapi dan menyelesaikan setiap masalah yang muncul.
c.             Berfikir dan bersikap kreatif, inovatif, dan dinamis dalam pengembangan keilmuan
d.            Berpegang teguh pada prinsip-prinsip amanah, jujur, dan berakhlak mulia serta dapat menjadi teladan bagi civitas akademika lainnya.
e.             Berdisiplin dan beretos kerja tinggi dalam menjalankan tugas dan tanggungjawab sesuai tuntutan profesi.
f.             Memiliki kemampuan penalaran dan ketajaman berpikir ilmiah yang tinggi.
g.            Secara personal  mampu terus menumbuhkembangkan motivasi dan niat yang ikhlas dalam bekerja serta proaktif dalam meningkatkan kualitas diri dan kepribadian.
5.         Profil Mahasiswa Program Studi Tadris Matematika
a.             Menyiapkan diri menjadi calon pendidik dalam ilmu Matematika dan pemimpin umat Islam dengan membiasakan diri pada kesederhanaan, kerapian, kedisiplinan, kesopanan, dan penuh percaya diri.
b.            Berdedikasi tinggi dalam belajar dan bekerja.
c.             Mencintai ilmu pengetahuan dan menghormati orang yang berilmu.
d.   Memiliki keberanian, kebebasan, dan keterbukaan yang disertai dengan rasa bertanggung jawab.
e.             Kreatif inovatif, inovatif, dan berpandangan jauh ke depan.
f.              Percaya diri dan bertanggungjawab dalam setiap ilmiah, baik di dalam, maupun di luar kampus.
g.            Peka terhadap persoalan lingkungan sekitarnya.
h.            Cakap, terampil, dan cepat dalam menyelesaikan segala persoalan yang dihadapi.
i.     Memiliki kemampuan berkomunikasi dengan dunia luar, baik di tingkat, lokal-regional, nasional, maupun global.
j.         Memiliki aqidah yang mantap, spritualitas yang mendalam, budi pekerti yang luhur, dan profesionalitas yang matang.
k.  Berupaya semaksimal mungkin untuk memanfaatkan ilmu yang diperoleh dalam kehidupan dan berusaha untuk mengembangkannya.

0 komentar:

Posting Komentar