Profil Program Studi Tadris Matematika
A.
Sejarah Singkat Berdirinya Program Studi Tadis Matematika
Program
Studi Tadris
Matematika Fakultas Tarbiyah IAIN Mataram berdiri pada tahun 2001 berdasarkan
Keputusan Direktur Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam Nomor:
E/123/2001, dan bernaung di bawah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN
Mataram.
Program Studi ini dikelola oleh Ketua Prodi dan
Sekretaris Prodi, didukung oleh unsur pelaksana akademik, administrasi
akademik, laboratorium, perpustakaan dan unsur-unsur lainnya. Program ini
dikelola oleh Penyelenggaraan jurusan mengacu kepada visi, misi, sasaran dan
tujuan yang telah ditetapkan.
Sejak tahun 2005, Program Studi Tadris Matematika untuk
pertama kalinya mencetak Sarjana Pendidikan Matematika di lingkungan Fakultas
Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) (sebelumnya bernama Fakultas Tarbiyah) IAIN
Mataram. Sampai tahun 2015 ini, Program Studi Tadris Matematika telah
melahirkan ribuan sarjana. Mereka tersebar di berbagai instansi pemerintah dan
swasta. Sebagian besar dari mereka aktif dalam dunia pendidikan Matemaika di
tingkat dasar sampai pada pendidikan tinggi. Tidak sedikit dari mereka yang
ekspansi ke bidang non pendidikan, seperti politik dan ekonomi.
B.
Visi Program Studi:
Terkemuka dalam menghasilkan tenaga pendidik dan
kependidikan di bidang matematika berbasis keislaman, keilmuan, dan
keindonesiaan.
.
C.
Misi Program Studi:
Berdasarkan visi,
maka misi Program Studi Tadris
Matematika adalah :
1.
Mengembangkan pendidikan, pengajaran dan
penelitian dalam bidang Pendidikan Matematika secara profesional, kompetitif
dan integratif.
2.
Meningkatkan kerjasama dengan berbagai pihak
dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi terutama di bidang Pendidikan
Matematika.
3.
Menegakkan nilai, etika profesional dan moral
akademis untuk pengendalian mutu dan menjaga kewibawaan Pendidikan Matematika.
D.
Tujuan Program Studi Tadris Matematika
1.
Menghasilkan tenaga pendidik profesional di
bidang pendidikan matematika di jenjang pendidikan dasar dan menengah yang
mampu mengintegrasikan keislaman,
keilmuan, kemanusiaan, dan keindonesiaan.
2.
Menghasilkan tenaga kependidikan profesional di jenjang
pendidikan dasar dan menengah yang mampu mengintegrasikan keislaman, keilmuan,
kemanusiaan, dan keindonesiaan.
3.
Menghasilkan praktisi pembelajaran matematika
yang profesional dan mampu mengintegrasikan keislaman, keilmuan, kemanusiaan, dan keindonesiaan.
4.
Menghasilkan peneliti muda pendidikan matematika
yang mendukung pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang mengintegrasikan keislaman,
keilmuan, kemanusiaan, dan keindonesiaan.
5.
Menghasilkan pemberdaya masyarakat dalam bidang
pendidikan untuk menjadikan masyarakat yang mandiri dalam mengembangkan
berbagai potensi yang dimiliki.
E.
Kompetensi Utama
Kompetensi utama
lulusan adalah menghasilkan tenaga pendidik (guru) pada bidang matematika yang
dapat mengusai dan mengaplikasikan konsep dan prinsip didaktik-pedagogis
matematika serta keilmuan matematika untuk merencanakan,
melaksanakan, dan mengevaluasi proses pembelajaran di satuan pendidikan
dasar dan menengah dengan memanfaatkan IPTEKS yang beorientasi pada kecakapan
hidup (life skill) dan menghadapi
tantangan dan perubahan masa depan. Kompetensi
pendukung lulusan dirumuskan dalam dua kompetensi, yaitu kompetensi sebagai
peneliti dan kompetensi sebagai praktisi kependidikan, yang dijabarkan sebagai
berikut:
1.
Menghasilkan lulusan yang mampu merancang dan melaksanakan penelitian serta melaporkan dan mempublikasikan hasilnya sehingga data digunakan sebagai alternatif
penyelsaian masalah di bidang pendidikan Matematika.
2.
Menghasilkan lulusan yang mampu mengambil keputusan strategis di bidang
pendidikan Matematika berdasarkan informasi dan data yang relevan dalam mengelola sumber daya pendidikan
Matematika serta mengkomunikasikan hasil pengelolaannya secara bertanggung
jawab kepada pemangku kepentingan.
F.
Profil Lulusan Program Studi Tadris
Matematika
Lulusan Program studi Tadris Matematika dapat bekerja antara
lain:
1. Tenaga Pendidik di bidang pendidikan matematika di jenjang Pendidikan
Dasar dan Menengah,
2. Tenaga Kependidikan di jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah,
3.
Praktisi Pembelajaran Matematika.
4.
Akademisi yang melanjutkan di jenjang pendidikan tinggi.
G.
Diskripsi Profil Lulusan Program Studi Tadris
Matematika
1. Tenaga pendidik berkarakter islami yang memiliki kualifikasi, kompetensi,
dan dapat mengintegrasikan Islam pada pembelajaran matematika dalam pendidikan
formal (jenjang pendidikan dasar dan menengah) dan informal.
2. Tenaga kependidikan berkarakter islami yang memiliki kualifikasi dan
kompetensi yang mendukung pembelajaran matematika dalam pendidikan formal di
jenjang pendidikan dasar dan menengah.
3. Tenaga praktisi berkarakter islami yang aktif berkontribusi dalam
pengembangan pembelajaran matematika.
4. Calon-calon ilmuan yang memiliki kesempatan untuk
melanjutkan pendidikan ke jenjang Strata Dua (S2).
H.
Tradisi Kampus Program
Studi Tadris Matematika
Sebagai gambaran umum
tradisi yang perlu ditumbuhkembangkan dan dipelihara dalam kehidupan praktis semua unsur Program Studi Tadris
Matematika Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan ini adalah sebagai berikut:
1.
Tampilan Fisik Program Studi
Tadris Matematika
Sebagai bagian dari Fakultas Ilmu
Tarbiyah dan Keguruan IAIN Mataram, Program Studi Tadris Matametika diharapkan mampu
mengimplementasikan ajaran Islam secara kaffah. Untuk itu maka Program
Studi Tadris Matematika harus memberi kesan sebagai kampus yang secara
fisik nampak:
a. Berwibawa, bersih, rapi, hijau dan indah serta
menyampaikan pesan keilmuan Matematika dan nilai-nilai Islam.
b. Dinamis dan modern serta kokoh secara moral yang kental
dengan nilai-nilai religius dan nilai-nilai akademis.
c. Warganya hidup dilandasi dengan nilai-nilai spiritual
yang kokoh sehingga terwujud kehidupan yang religius, atmosfer keilmuan yang
kuat, harmoni sosial yang indah, peduli terhadap lingkungan dan selalu
mendekatkan diri kepada Allah SWT.
2.
Tampilan Manajemen-Kelembagaan
Program Studi Tadris Matematika
a.
Memiliki visi kelembangaan yang jelas.
b.
Memiliki tenaga
yang mumpuni dalam hal pemikiran, penelitian, pengabdian, dan berbagai
aktivitas ilmiah lainnya
c. Memiliki kemampuan menciptakan atmosfir religius dan
tradisi akademis yang mendorong lahirnya wibawa Program Studi.
d. Memiliki manajemen terbuka (open management) yang
professional yang mampu menggerakkan seluruh potensi untuk mengembangkan
kreativitas civitas akademika.
e.
Memiliki kemampuan membangun relasi dan kemitraan
strategis dengan berbagai pihak, termasuk Stake holder di dalam dan di luar
kampus.
f. Memiliki kemampuan antisipatif yang jauh ke depan dan
proaktif dalam menangkap setiap peluang.
g. Memiliki kemampuan menyelesaikan persoalan-persoalan
Kelembagaan secara tepat guna dan berhasil guna.
h.
Memiliki keterampilan memimpin yang mampu mengayomi dan
mengakomodasi seluruh potensi yang tersedia maupun yang mungkin dijangkau.
3.
Tampilan administrasi Program
Studi Tadris Matematika
a.
Memiliki kemampuan administrasi dalam pendidikan,
penelitian, dan pengabdian
b.
Memikili kemampuan dokumentasi kegiatan dan semua
komponen akademis secara profesional.
c.
Memiliki kemampuan pelayanan akademis secara tepat dan cepat.
d.
Memiliki kemampuan mengelala dan menyebarkan informasi.
e.
Memiliki kemampuan mengelola kegiatan akademis,
f.
Memiliki kemampuan menyusun kegiatan dan laporan
kegaiatan.
4.
Profil
Dosen Program Studi Tadris Matematika
a.
Berperilaku Qur’ani dan mampu menjunjung tinggi
nilai-nilai ketakwaan kepada Allah Swt. di mana saja berada.
b.
Memiliki wawasan yang luas dan bijak serta
profesionalisme yang tinggi dalam menghadapi dan menyelesaikan setiap masalah
yang muncul.
c.
Berfikir dan bersikap kreatif, inovatif, dan dinamis
dalam pengembangan keilmuan
d.
Berpegang teguh pada prinsip-prinsip amanah, jujur, dan
berakhlak mulia serta dapat menjadi teladan bagi civitas akademika lainnya.
e.
Berdisiplin dan beretos kerja tinggi dalam menjalankan
tugas dan tanggungjawab sesuai tuntutan profesi.
f.
Memiliki kemampuan penalaran dan ketajaman berpikir
ilmiah yang tinggi.
g.
Secara personal
mampu terus menumbuhkembangkan motivasi dan niat yang ikhlas dalam
bekerja serta proaktif dalam meningkatkan kualitas diri dan kepribadian.
5.
Profil Mahasiswa Program Studi Tadris Matematika
a.
Menyiapkan diri menjadi calon pendidik dalam ilmu
Matematika dan pemimpin umat Islam dengan membiasakan diri pada kesederhanaan,
kerapian, kedisiplinan, kesopanan, dan penuh percaya diri.
b.
Berdedikasi tinggi dalam belajar dan bekerja.
c.
Mencintai ilmu pengetahuan dan menghormati orang yang
berilmu.
d. Memiliki keberanian, kebebasan, dan keterbukaan yang
disertai dengan rasa bertanggung jawab.
e.
Kreatif inovatif, inovatif, dan berpandangan jauh ke
depan.
f.
Percaya diri dan bertanggungjawab dalam setiap ilmiah,
baik di dalam, maupun di luar kampus.
g.
Peka terhadap persoalan lingkungan sekitarnya.
h.
Cakap, terampil, dan cepat dalam menyelesaikan segala
persoalan yang dihadapi.
i. Memiliki kemampuan berkomunikasi dengan dunia luar, baik
di tingkat, lokal-regional, nasional, maupun global.
j. Memiliki aqidah yang mantap, spritualitas yang mendalam,
budi pekerti yang luhur, dan profesionalitas yang matang.
k. Berupaya semaksimal mungkin untuk memanfaatkan ilmu
yang diperoleh dalam kehidupan dan berusaha untuk mengembangkannya.
0 komentar:
Posting Komentar